SHARE

istimewa

SEMANGAT45.CO - Bagi Sersan Kowad Bella Paramitha, duduk di belakang kemudi kendaraan inspeksi pasukan pada upacara sebesar HUT TNI, tidak pernah terbesit sedikitpun dalam benaknya.

Ini kali pertama mobil inspeksi Indonesia 1 dikemudikan seorang perempuan pada upacara  HUT ke-72 TNI, di Dermaga Indah Kiat Cilegon Banten, (5/10). Tugas seperti itu biasanya diemban prajurit TNI pria yang terpilih dan sudah memiliki jam terbang  mengemudikan kendaraan inspeksi pasukan. Apalagi dengan Inspektur Upacara Presiden Republik Indonesia.

Terpilihnya Serda Kowad Bella Paramitha bukan tanpa alasan dan pertimbangan yang matang. Perintah tersebut langsung dari Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo kepada Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres)   tempat Serda (K) Bella Paramitha bertugas, untuk menunjuk prajurit wanita sebagai pengemudi kendaraan untuk pemeriksaan pasukan,   yang pada akhirnya pilihan jatuh kepadanya.

Ini adalah kali pertama seorang prajurit wanita ditunjuk untuk mengemudikan kendaraan inspeksi pasukan pada peringatan HUT TNI. Dengan percaya diri dan melalui serangkaian latihan dan geladi pelaksaan, tugas tersebut sukses dilaksanakan oleh dara kelahiran 19 Desember 1992 yang memulai karir militer nya melalui bintara Kowad tahun 2013. "Awalnya saya masih ragu  karena baru pertama kali  mengemudikan kendaraan untuk pemeriksaan pasukan, apalagi saya dari wanita TNI dan yang terlebih lagi bahwa ini adalah upacara terbesar TNI,"  ujar Bella

Selain ada keraguan dalam dirinya, Serda (K) Bella Paramitha merasa bahwa tugas ini merupakan suatu tantangan sekaligus kebanggan yang harus dilaksanakan sebagai prajurit."Di sisi lain saya juga merasa bangga bahwa baru kali inilah seorang prajurit TNI wanita mendapat tugas seperti ini. Saya sangat bersyukur dapat melaksanakan tugas ini dengan baik, apalagi Inspektur Upacara pada HUT ke-72  TNI ini Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo", tambahnya.

Selain Serda (K) Bella Paramitha yang ditunjuk sebagai pengemudi kendaraan pemeriksaan pasukan, Serda (K) Dilla yang juga bertugas di Paspampres ditunjuk sebagai cadangan pengemudi.